Kadis Pariwisata Hadiri Pelatihan Pemandu Wisata

Kadis Pariwisata Hadiri Pelatihan Pemandu Wisata

Pekanbaru – Kepala Dinas Priwisata Kabupaten Kampar Zhulia Dharma berkesempatan mengikuti Pelatihan Pemandu WisataSejarah dan Warisan Budaya di Pangeran Hotel,Pekanbaru Sabtu (17/10/ 2020).
Usai mengikuti pelatihan, Zhilia menjelaskan bahwa tujuan dilaksanakan pelatihan sebagai upaya meningkatkan kecakapan kinerja sumber daya manusia (SDM) para pemandu wisata.
Dalam materi pelatihan yang diselengarakan oleh Derektorat Keembagaan Diputi Bidang Sumber Daya dan Kelembagaan Bersama Dinas Pariwiata Kota Pekanbaru.

Zulia Dharma menyampaikan bahwa ternyata rencana perjalanan menjadi tugas wajib seorang pemandu wisata kepada pelancong atau turis yang menjadi tamunya. Dimana seorang pemandu wisata bertanggung jawab penuh terhadap wisatawan yang dibawanya. Karena itu, semua persiapan harus dilakukan secara matang. Termasuk memperhatikan prosedur kesehatan dan keselamatan, peraturan-peraturan atau kearifan lokal, dan lain-lain. Lebih dari itu, seorang pemandu wisata harus memiliki itinerary, yaitu daftar tur dan aktivitas harian. Idealnya, seorang pemandu wisata memiliki dua buah itinerary. Pertama untuk diberikan kepada klien dan kedua untuk pegangan diri sendiri. Itinerary harus disusun teliti dengan beberapa keterangan untuk sightsseeing, stop, hotel, restoran, jam pertunjukan, dan lain sebagainya.

Selain itu, yang perlu dilakukan pemandu wisata dalam melakukan kegiatan yang bersifat interpretasi, yaitu tafsiran, penjelasan, makna, arti, kesan, pendapat, atau pandangan teoretis terhadap suatu objek yang dihasilkan dari pemikiran mendalam. “Penafsiran menggabungkan pembelajaran dan hiburan. Dalam hal ini, partisipasi dan interaksi peserta dibangkitkan. Pertanyaan wisatawan wajib dijawab dengan benar, sopan, dan bersahabat. Apabila informasi yang diperlukan berada di luar wawasan, jawaban bisa dicarikan dari sumber lain,

Dengan demikian, Zhulia berharap semoga Dinas Pariwiata nantinya bisa melakukan pelatihan bagi para pemandu pariwisata yang ada di Kabupaten Kampar, Kampar juga perlu karena Kampar merupakan destinasi wisata di provinsi riau.