Berpetualang Ke Air Terjun Batang Kapas

Air Terjun Batang Kapas terletak di Desa Lubuk Bigau Kecamatan Kampar Kiri Hulu Kabupaten Kampar Provinsi Riau. Air Terjun Batang Kapas adalah salah satu air terjun yang tertinggi di Indonesia, diperkirakan memiliki ketinggian 150 meter.

Selain melihat air terjun, mata pengunjung akan disuguhi oleh pemandangan yang indah dari perbukitan, seakan berada di negeri diatas awan, dan moment-moment yang selalu ditunggu ketika pagi hari.

Untuk mengunjungi air terjun Batang Kapas, pengunjung bisa menggunakan mobil atau motor. Dari Kota Pekanbaru dapat menuju Desa Lipat Kain, dengan waktu tempuh 2 jam perjalanan atau 71 km (Aspal), selanjutnya perjalanan dilanjutkan menuju desa Lubuk Bigau. Ada beberapa desa yang akan dilewati diantaranya Desa Sontul, Tanjung Karang, Deras Tajak, dan Desa Batu Sasak . Setelah sampai di desa Lubuk Bigau sisa jarak tempuh untuk menuju air terjun Batang Kapas diperkirakan 4 hingga 5 kilometer. Pengunjung atau wisatawan dapat menggunakan jasa ojek sepeda motor yang disediakan oleh masayarakat desa setempat dengan waktu tempuh 15 menit, lalu dilanjutkan berjalan kaki melewati hutan belantara dengan waktu tempuh sekitar 3 jam.

Setelah tiba di Air Terjun, Untuk beristirahat atau bermalam ditempat yang diyakini aman, para pengunjung harus mendaki sekitar 15 menit, lokasinya tepat di balik gemuruh air terjun. Di tempat ini para traveler bisa beristirahat di atas cekungan batu yang panjangnya sekitar 50 meter dengan lebar sekitar 2 hingga 4 meter.

Bagi Traveler yang ingin mengunjungi Air Terjun Batang Kapas, Air Terjun Batang Kapas sangat cocok untuk dijajaki, dan disarankan agar membawa peralatan adventure yang memadai.