• Beranda
  • Selamat datang di Website Dinas Pariwisata, Pemuda dan Olah Raga Kabupaten Kampar

Objek Wisata Air Terjun Tanjung Dikembangkan
Jefry: Kampar Kembangkan Konsep Wisata Religius


-


Tanggal Posting : Selasa,08 Desember 2015

Kamparkab - Pemerintah Kabaupaten Kampar Provinsi Riau sedang mengembangkan objek wisata Air Terjun Tanjung yang berada tidak jauh dari Candi Muara Takus sebagai langkah untuk menarik wisatawan dalam dan luar negeri.

"Sebagai daerah yang memiliki keindahan alam dan memiliki peninggalan bersejarah, Kampar sudah menyusun konsep destinasi Wisata Religius. Selain memiliki situs bersejarah Candi Muara Takus, dalam waktu dekat ini kami juga akan mengembangkan wisata alam Air Terjung Tanjung yang tidak jauh dari Candi tersebut," kata Bupati Kampar Jefry Noer Kepada pers Kamis (24/4).

Menurut Jefry, yang dimaksud dengan religius dalam hal ini merupakan daerah dengan penuh bersih, terutama lingkungan dan masyarakat sehingga para pelancong merasa nyaman dengan sikap masyarakat Kampar yang religius lebih dikenalnya sebagai daerah Serambi Mekkah.

"Yang dimaksudkan religius itu lingkungan bersih, masyarakat ramah dan memiliki kawasan wisata religi juga, tidak hanya Muara Takus tapi ada juga masjid bersejarah dan Islamic Center," kata Jefry.

Menurut Jefry banyak lokasi objek destinasi wisata yang akan menjadi tujuan pelancong di Kabupaten Kampar, maka dalam waktu dekat semuanya akan diperbaiki terutama akses jalan dan pendukung lainnya yang membuat pelancong nyaman.

"Candi Muara Takus tahun ini dibantu Pemprov Riau Rp80 miliar untuk jalan, ada dua jalur jalan sepanjang 19 kilometer ke Candi, ini aset berharga nantinya," kata Jefry.

Kemudian kata dia, Pemkab Kampar juga akan mengajukan pengembangan Air Terjun Tanjung yang lokasi tidak jauh dari lokasi Candi Muara Takus tersebut. Sehingga akses wisata antara satu tempat dengan yang lain lebih mudah dijangkau.

"Untuk pengembangan wisata Air Terjun Tanjung akan dianggarkan lagi," kata Jefry.

Sebelumnya Pelaksana Tugas (Plt) Gubernur Riau Arsyadjuliandi Rachman menyebutkan, Kampar memiliki lokasi wisata yang bisa menggaet pengunjung berkunjung ke Provinsi Riau. Salah satunya menurut Andi Rachman sapaan akrabnya adalah Candi Muara Takus dengan sejarahnya.

"Saya berharap agar suatu hari nanti orang berkunjung ke Riau itu lebih banyak dibandingkan berkunjung ke Sumbar, ada PLTA juga dan air terjunnya di Kampar, jadi ini potensi yang sangat besar," katanya.

Sehingga Pemprov Riau menggelontorkan anggaran untuk mendukung Kampar sebagai destinasi wisata itu, diantaranya perbaikan jalan menuju Candi sebesar Rp80 miliar dan perbaikan Candi Rp16 miliar, katanya. (fzr)

BERITA TERKAIT